Kategori
Bisnis Online

Jualan Online Sepi Pembeli? Mungkin Ini Sebabnya

jualan online sepei

Jualan online mungkin terkesan mudah dan pasti gampang untuk menghasilkan pendapatan berlimpah. Tapi seringkali ketika kita terjun ke dalamnya kenyataan tak sesuai harapan, jualan online sepi dan terkadang tidak laku sama sekali.

Banyak diantara pedagang online di marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak dll yang bisa menjual barang sampai puluhan, ratusan bahkan ribuan tiap hari. Tapi tak sedikit juga yang tak bisa menjual sama sekali dan memilih untuk menutup toko onlinenya.Semua usaha pasti ada yang sukses dan ada yang gagal, dibalik kesuksesan itu pasti ada cara atau trik tersendiri yang dilakukan. Ada baiknya bagi yang jualan online sepi pembeli untuk menganalisa sebab sebabnya.

Beberapa sebab jualan online sepi pembeli

1. Barang dagangan sepi peminat

Apakah barang dagangan kamu adalah banyak dicari orang? Itulah permasalahan utamanya. Jika jualan kamu berkutat di fashion seperti baju, tas, sepatu dll pasti banyak calon konsumen yang mencari barang itu. Berbeda jika barang daganganmu seperti alat pertukangan atau elektronik besar seperti kulkas, ac dll kebanyakan konsumen mengunjungi marketplace hanya untuk mengecek harga dan ujungnya beli di toko elektronik terdekat karena berat di ongkir.Kalau ingin jualan online kamu ramai pembeli cobalah untuk menjual barang yang banyak peminatnya.

2. Harga lebih mahal dari toko sebelah

Harga menjadi faktor penentu dari setiap jualan, semakin murah maka peluang terjual pun semakin besar, tapi jangan asal jual murah agar tidak rugi. Gunakan prinsip untung dikit jual banyak. Nantinya harga produk bisa kamu naikkan sedikit demi sedikit jika sudah punya banyak review positif.

3. Gambar dan deskripsi produk kurang menarik

Hal sepele namun cukup berpengaruh untuk menarik calon pembeli. Ketika seorang calon pembeli melihat sebuah produk dan gambar produk kurang menarik ditambah deskripsi yang kurang jelas maka kemungkinan besar calon pembeli tersebut akan mencari produk lainnya.
Jadi pastikan tiap barang daganganmu punya gambar yang menarik dan deskripsi produk yang jelas dan terperinci.

4. Belum ada review

Masalah terbesar bagi kamu yang baru mulai jualan adalah barang daganganmu belum punya review dari pembeli. Di tahap ini kamu harus berjuang keras untuk mendapatkan pembeli dan jika terjadi penjualan harus merayu pembeli untuk memberikan review yang bagus. Untuk itu kalau perlu lakukan promosi dengan promo diskon atau voucher toko untuk menarik minat pembeli.

5. Toko belum punya reputasi

Hampir di semua marketplace mempunyai program reputasi toko, di shopee ada star seller, tokopedia ada power merchant dll.
Meski bukan jaminan tapi secara tidak langsung reputasi tersebut memberi kepercayaan lebih kepada calon pembeli untuk berbelanja di toko kamu. Jadi berusahalah untuk meraih itu agar penjualanmu semakin meningkat.

6. Kalah di hasil pencarian

Saat calon pembeli hendak mencari barang pasti menggunakan fitur cari dan hasil teratas pasti punya peluang lebih besar untuk dilihat. Ada beberapa cara untuk membuat produk kamu tampil diatas di hasil pencarian salah satunya adalah memanfaatkan fitur iklan (fitur ini berbayar). Kalah di hasil pencarian bisa dibilang adalah masalah utama jualan online sepi pembeli.

7. Respon Penjual lambat

Respon penjual dalam hal menjawab pertanyaan calon pembeli menjadi faktor utama untuk meyakinkan calon pembeli, jadi jangan sekali kali mengabaikan tiap chat yang masuk. Semakin cepat kamu membalas chat semakin cepat kamu mengatasi masalah jualan online sepi pembeli.

8. Kualitas Produk dan Pengiriman

Tiap pembeli adalah calon pelanggan jadi jangan sekali kali kamu mengirimkan produk yang tidak berkualitas atau berbeda dari deskripsi produk yang tertulis. Waktu proses dan kirim pesanan usahakan secepat mungkin agar pembeli puas dan menjadi pelanggan toko online kamu.

Itulah beberapa sebab kenapa jualan online sepi pembeli. Kalau kamu bisa mengatasi semua itu kemungkinan besar toko online kamu tidak akan sepi lagi. Selalu berikan layanan terbaik untuk tiap pembeli agar mereka bisa jadi pelanggan setia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *